Ada Apa di Bagian Ujung Bumi Kita?

Halooo tante-tante dan om-om readers semuanye, ane mimin dua dan baru pertamakali post daaaaan sebenernya udh lumayan lama sih disuruh ame mimin satu buat jadi mimin, hehehe *lirik mimin yg satu* Cuma ane sempet bingung dan ngga ada inspirasi aje mau posting apaan :D

Tapi kali ini ane pengen share sesuatu ke tante dan om sekalian tentang bagian ujung utara dan ujung selatan dari bumi, tempat kita tinggal ini. Pasti udah ngerti lahya bagian ujung utara dan selatan bumi, namenye kutub :D 
especially ane mau bahas banyak soal kutub selatan. So, cekidotss *joget joget hulaaa*

Kira-kira kutub utara ame yang selatan dingin mana ye?
Setelah ane coba cari, ane ketemu buku yang ane punya udh lama tapi baru sempet ane baca kemaren.  Dan ternyata kutub selatan lebih dingin daripada kutub utara. Ini sih si buku bilang, katanya

"kutub utara yang dikelilingi oleh Samudera Arktik relatif lebih hangat karena mendapat pengaruh dari arus hangat yang mengalir ke perairan ini. Sementara Kutub Selatan adalah benua yang tertutup oleh bongkahan es tebal, ditambah lagi dia punya tekanan udara atmosfer yang tinggi, sehingga tempat ini menjadi sangat dingin".

 Nah setiap taunnya, temperature udara rata-rata tahunan nya berada pada suhu -30° nyampe -50° C, disaat yang paling dingin malahan bisa mencapai angka -88°C. Dan pada musim panas pun suhu disana tetap aja dibawah nol. Wuidih, gimane kuat nasib ane kalo besok liburan main kesane ye? Bhhaha, canda om :D


South Shetland ( Deception ) Island - 62°57'S, 60°38'W


Nah lebih hebatnya lagi nih ya tante dan om sekalian, di tempat yang dinginnya pake banget kaya di kutub selatan itu juga banyak terdapat gunung berapi. Emang susah dipercaya sih ya, tapipada kenyataannya si Kutub Selatan itu merupakan benua yang tertutup es yang memiliki banyak gunung berapi. Gunung berapi terbesar yang ada di Antartika adalah gunung Erebus. Gunung ini ditemukan pertamakali oleh James Ross asal Inggris. Lalu ada juga Pulau Deception, yang secara vulkanik aktif sehingga menyebabkan perairan di sekitarnya bersuhu hangat, bahkan terdapat sumber mata air panas lho disana. Hmmmm.. *berendam*





Hehehe kira – kira itu sih yang pengen ane sampein tentang si ujung, ehh si kutub selatan maksud ane. Udah tau kan Ada Apa di Bagian ujung bumi kita??
nah, kalo gitu om, tante, ane sekalian ane pamit dlu yeeee ;)

Penulis : Zefanya Arunarwi Putri ♔ ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Ada Apa di Bagian Ujung Bumi Kita? ini dipublish oleh Zefanya Arunarwi Putri ♔ pada hari Thursday 23 August 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Ada Apa di Bagian Ujung Bumi Kita?
 

0 comments:

Post a Comment